Rabu, 25 November 2020

Dfinity: Protokol Komputer Internet Penantang Google Cloud

Logo Dfinity 

Diterjemahkan bebas dari situs resminya, Dfinity (Komputer Internet) adalah sistem blockchain publik untuk hosting website dan software, meningkatkan skalabilitas layanan internet terbuka, platform DeFi (decentralized finance) serta hampir semua logic software untuk mempermudah aktivitas manusia. Seluruh proses dibuat pada data center yang berada di seluruh dunia yang menjalankan ICP (Internet Computer Protocol).

Tidak seperti platform terdesentralisasi lain, keunikan Dfinity sebagai komputer internet mengembangkan "otak"  atau istilah sederhananya prosesor komputer yang disebut NNS (Network Nervous System) berfungsi untuk mengontrol, mengkonfigurasi, dan mengatur jaringan. Platform baru ini bekerja tidak seperti Ethereum menggunakan mekanisme mining atau Proof of Work (PoW) yang dikenal menggunakan daya besar dan lambat. 

Dfinity menggunakan beberapa variasi Proof of Stake (PoS) untuk mewujudkan konsensus. Berdasarkan versi Dfinity sendiri, node memproduksi angka random yang disebut random beacon digunakan untuk memilih grup node berikutnya dan menjalankan protokol platform. Mekanisme ini disebut Threshold Relay Consensus (TRC). Dfinity mengklaim bisa mengeksekusi transaksi lebih cepat dibandingkan Bitcoin dan Ethereum dibawah lima detik.

Tertarik mempelajari tehnikal Dfinity lebih mendalam? Silahkan lanjutkan membaca di artikel berjudul "A Technical Overview of the Internet Computer."

Tinjauan Ekonomi Dfinity

Pada acara streaming fase Sodium, Dfinity membocorkan beberapa poin penting yaitu salah satunya Dfnity akan menggunakan token ICP (Internet Computer Protocol) dengan jumlah suplai 469.213.710 ICP. Dari jumlah suplainya, kita bisa menghitung nilai valuasinya lebih awal sebelum launching akhir kuartal 2020. 

Menurut penghitungan TechCrunch, diperkirakan valuasi Dfinity nanti sebesar $9.5 MILYAR. Jumlah ini bahkan sudah cukup menjadikan Dfinity menempati urutan lima besar kripto terbesar berdasarkan jumlah kapitalisasi pasarnya.

Industri cloud komputasi saat ini bernilai $176 MILYAR yang artinya permintaan pasar sangat tinggi. Dengan hadirnya Dfinity, pasar diberikan pilihan mengembangkan software lebih sederhana dan murah pada platform blockchain Dfinity.

-- Referensi di artikel ini sebagian diambil dari Decrypt.


Share: