• Please, follow me in Twitter

Monday, November 9, 2015

Rajin Minum Jus Tomat Setiap Hari

Buah tomat biasanya hanya dijadikan sebagai pelengkap bumbu dapur tapi jarang sekali dibikin jus. Itupun yang konsumsi cuma orang yang sadar dengan manfaat kandungan gizi buah tomat yang kaya akan anti oksidan pencegah penuaan dini akibat radikal bebas, vitamin A dan vitamin C, mineral, lipin, likopen dan zat penting lainnya. Menurut pakar ilmu gizi buah tomat terbukti menurunkan badan, menyegarkan kulit, memperkuat daya tahan tubuh, mencegah kanker prostat, melancarkan peredaran darah, dan bahkan membunuh bakteri jahat. Dari pada membeli suplemen vitamin C dalam bentuk minuman dan pil dengan kandungan kimia seperti pengawet buatan, lebih baik konsumsi jus tomat buah aja sob. Dari situsnya Nutrisari dikatakan bahwa tomat digolongkan sebagai sumber vitamin C yang sangat baik (excellent) karena 100 gr tomat memenuhi 20% atau lebih dari kebutuhan vitamin C sehari. Vitamin C memelihara kesehatan gigi dan gusi, mempercepat sembuhnya luka-luka, mencegah penyakit scurvy (skorbut), serta menghindarkan terjadinya perdarahan pembuluh darah halus.

Jadi mulai sekarang ayo rajin minum jus tomat sob!

Usahakan pilih buah tomat yang masih segar bebas dari pestisida. Di pasar tradisional banyak sob atau kalau mau ngeluarin duit ekstra beli saja di toko bahan makanan organik. Abis itu cuci bersih dengan sabun pembersih piring secukupnya di air mengalir. Abis itu blender deh. Saya pribadi sudah lama memulai minum just tomat. Tapi baru teratur minum sekitaran dua minggu setiap pagi dan sore. Setiap pagi saya biasanya habis bangun tidur langsung minum air putih 2 gelas. Setelah 2 jam baru minum jus tomat dicampur sedikit perasan jeruk nipis sebagai detoks. Campuran dengan perasan jeruk nipis ini tidak saya sarankan buat bro-bro and sis-sis yang punya berat badah dibawah ideal dengan pola makan yang sangat tidak teratur apalagi yang punya riwayat penyakit maag sama lambung. Tapi kalau mau cepat menurunkan badan, jus tomat dengan campuran jeruk nipis bisa jadi pilihan terbaik. Selain murah meriah, hasilnya cepat terlihat setelah minum selama 3 minggu secara teratur.

Kalau tidak ada jeruk nipis saya biasa tambahkan sedikit bubuk kunyit. Sama dengan jeruk nipis, kunyit bermanfaat sebagai pembunuh bakteri dalam tubuh bisa juga menyembuhkan radang, bengkak-bengkak, sama inflamasi. Sorenya hanya jus tomat tanpa campuran apapun. Selain jeruk nipis dan bubuk kunyit, bro-bro and sis-sis bisa juga tambahkan madu sesuai dengan selera. Rasanya? Agak mirip dengan jus jambu biji. Ada manis-manisnya gituh.