Rabu, 02 Desember 2020

Tertipu Token Scam di Uniswap

Photo by Markus Spiske on Unsplash

Sudah kedua kalinya saya tertipu di dunia kripto setelah sebelumnya kehilangan uang belasan juta di Bitconnect. Kali ini saya harus rela kehilangan uang hampir Rp. 2 juta di Uniswap gara-gara tidak teliti memperhatikan token yang saya beli yang ternyata token scam.

Semuanya berawal ketika mendapatkan notifikasi Telegram berisi pembelian sangat besar senilai 280 ETH pada token DSWAP. Tanpa pikir panjang saya beli token ini di Uniswap karena saya pikir token ini dari Andre Cronje seorang front developer YFI (yearn.finance). Nyatanya ini cuma trik scammer mendapatkan mangsanya.

Saya baru sadar token ini scam ketika memperhatikan internal tx-nya di Etherscan ada keterangan Tornado.Cash yang merupakan protokol Ethereum berbasis privasi (tx rahasia). Scammer menggunakan Tornado.Cash agar transaksinya tidak mudah terlacak.

Ketika menukarkan DSWAP ke ETH di Uniswap selalu gagal dengan keterangan error 'undefined' semakin menambah keyakinan saya kalau token ini scam 100%. Akhirnya saya ikhlaskan saja karena toh Ethereum yang saya pakai sebagian dari profit trading di Binance. 

Kejadian ini semoga bisa jadi pelajaran berharga buat saya pribadi dan teman-teman semua di dunia kripto. Selalu waspada sebelum melakukan transaksi apapun itu.

Share: