Minggu, 04 September 2016

Cara Refund VCN BNI

Sebagai salah satu nasabah BNI, rasanya tidak berlebihan kalau saya katakan BNI merupakan bank terbaik di Indonesia berkat pelayanannya yang sangat memuaskan bagi nasabahnya. Hampir setiap transaksi saya lakukan menggunakan SMS Banking dan internet banking belanja online. Nah, baru-baru ini saya membeli sebuah produk digital menggunakan VCN BNI atau debit online dari BNI. Tapi karena produknya sangat tidak memuaskan terpaksa saya meminta refund dari merchantnya dan akhirnya diterima walaupun totalnya hanya sebesar $7.

Cara refund menggunakan VCN BNI sebenarnya sangat gampang walaupun tidak segampang mengurus refund ke kartu kredit fisik. Sesuai dengan pengalaman saya, yang perlu disiapkan hanya pulsa sekitar Rp. 20000 untuk menelpon CS BNI di 50046. Jelaskan secara detail mengenai transaksi yang ingin dilakukan refund berupa nama merchant, waktu transaksi, barang yang ditransaksikan, nominal pembelian, dan alasan refund. Setelah itu catat nomor pengaduan mengenai refund VCN BNI dari CS BNI. Setelah itu kita akan diwajibkan membuat scan surat pernyataan kronologis transaksi, scan KTP, scan buku tabungan dan kartu ATM, bukti komunikasi dengan merchant dan bukti refund. Di kasus saya, bukti komunikasi dari merchant hanya hasil balasan email dari merchant berisi permintaan refund. Sedangkan bukti refund kita harus minta dari pihak merchant bisa berupa screenshot dari pengembalian uang.

Bagaimana isi pernyataan kronologis transaksi? Simple saja! Bisa dilihat seperti punya saya di bawah.


Setelah itu kirim semua hasil scan tadi ke bnicall@bni.co.id dengan judul Nomor Pengaduan VCN BNI. Setelah diterima tunggu sekitar 48 jam agar refund masuk di rekening kita. Jika refund berhasil, akan ada konfirmasi SMS dan email dari BNI.
Share: