• Please, follow me in Twitter

Monday, April 25, 2016

Cara Sukses Berjualan Pulsa

Tidak seperti dulu, handphone bukan lagi barang mewah dan hanya bisa dijangkau orang bercukupan. Sebab saat ini bahkan dengan Rp. 100.000 saja kita sudah bisa memiliki handphone dengan fungsi utamanya saja yakni menelpon dan SMS. Sebagai perangkat komunikasi, handphone sangat bergantung pada pulsa menjalankan fungsinya. Jadi tidak heran, banyak sekali kita jumpai konter pulsa dimana saja di pinggir jalan, pertokoan, bahkan di bank dan jaringan swalayan seperti Alfamart dan Indomaret.

Jika teman-teman tertarik mengumpulkan recehan sedikit demi sedikit atau mencari penghasilan tambahan, jualan pulsa bisa jadi pilihan terbaik. Jualan pulsa tidak begitu membutuhkan modal yang banyak asalkan tersedia tempat seadanya dan handphone untuk digunakan bertransaksi.

Bagaimana sebaiknya membangun konter pulsa yang bagus? Pilihlah lokasi strategis dimana orang sering lalu lalang atau pusat keramaian seperti tempat interseksi jalan, sekolah, dan pasar. Percaya atau tidak, cukup mencat konter warna logo provider terkenal maka orang-orang sudah berpikir teman-teman jualan pulsa. Kalau tidak ada provider yang mau mensponsori konter teman-teman sebaiknya dicat merah mewakili Telkomsel. Kenapa? Karena saat ini, Telkomsel merupakan provider terbesar dengan ratusan juta pelanggan di Indonesia.

Demi meningkatkan penjualan pulsa, alangkah bagusnya kalau teman-teman memberikan bonus pembelian pulsa misalnya saja bagi siapa saja melakukan pembelian pulsa sebanyak 10 kali, kita berikan pulsa gratis Rp. 5000. Pemberian bonus bisa juga dengan bentuk lain, seperti souvenir mug, topi, dan sebagainya. Tentu saja, souvenir ini harus kita bubuhi logo atau nama konter teman-teman.

Di bisnis apapun, pembukuan laba-rugi sangat penting. Siapkan cukup 1 buku saja berisi historis transaksi harian. Berikan keterangan setiap transaksi apakah hanya berupa transaksi pulsa reguler atau pulsa data. Hindari memberikan bond pulsa pada siapapun kecuali orang yang tentunya kita percaya. Ingatlah, jualan pulsa hanya bisnis recehan jadi tidak sepatutnya juga ada bond pulsa.

Bisakah kita jualan pulsa online? Tentu saja BISA walaupun pulsa bukan barang fisik! Tapi kan pembeli kan harus transfer uang lewat bank apalagi kan bisa juga lewat SMS banking? Kita menarget bukan pembeli seperti ini melainkan pembeli yang sudah punya saldo di penyedia jasa e-commerce tertentu dan penyedia e-money seperti Paypal dan Webmoney. Nah, saya rekomendasikan jual pulsa di Tokopedia menyasar pembeli yang sudah Top-up saldo jadi tidak usah bersusah payah mendatangi ATM.

Di kampung saya juga baru memulai jualan pulsa dari pada doing nothing sebagai pengangguran bukan karena saya malas cari kerja tapi karena sakit. Sementara khusus menjual pulsa Telkomsel lewat registrasi di Alcom, salah satu distributor resmi Telkomsel. Sayangnya, waktu saya minta atribut semacam spanduk tidak tersedia. Jadi, mau tidak mau saya harus bikin spanduk sendiri menggantikan tulisan kecil "Jual Pulsa All Operator" tertempel di lemari etalase. Apalagi sejak awal, kios tidak dicat warna merah karena tujuannya memang bukan untuk jualan pulsa.