Selasa, 10 November 2020

Apa Itu Ethereum 2.0?

eth2 adalah

Setelah menunggu berbulan-bulan lamanya akhirnya Consensys selaku developer Ethereum segera merilis versi upgrade jaringan Ethereum dengan kode "Serenity" atau Ethereum 2.0 (Eth2) setelah versi sebelumnya Ethereum 1.0 menggunakan konsensi mekanisme Proof of Work (PoW). Sedangkan Ethereum 2.0 adalah upgrade jaringan Ethereum menggunakan mekanisme Proof of Stake (PoS) yang lebih ramah sumber daya komputasi.

Tujuan dari upgrade kali ini yakni permasalahan pada clogging jaringan Ethereum dapat berkurang drastis, mengurangi biaya gas, meningkatkan jumlah transaksi dan keamanan serta memperluas skalabilitas aplikasi terapannya. Peluncuran Ethereum 2.0 dibagi menjadi beberapa Fase. Fase 0 (beacon chain) dijadwalkan mulai berjalan pada 1 Desember 2020 jam 12 waktu setempat setelah jumlah deposit staking Ethereum mencapai 524.288.

Setiap transaksi di jaringan blockchain perlu divalidasi menggunakan mekanisme konsesi. Ethereum saat ini menggunakan mekanisme konsesi Proof of Work (PoW). Pada sistem ini  penambang harus mengerjakan puzzle matematis dan memvalidasi setiap transaksi dengan menggunakan perangkat komputer. Namun seiring meningkatnya penggunaan Ethereum di seluruh dunia, PoW membutuhkan relatif banyak energi sehingga perlu dilakukan upgrade menjadi Proof of Stake (PoS).

Proof of Stake (PoS) tidak mewajibkan penambang menyediakan perangkat komputer untuk mengerjakan puzzles matematis dan memvalidasi setiap transaksi. Proof of Stake (PoS) hanya mewajibkan pengguna menimbun (staking) Ethereum miliknya ke dalam jaringan selama waktu tertentu sebagai bukti memiliki "hak" untuk memvalidasi transaksi dan mendapatkan imbalan dalam bentuk Ethereum.

Keuntungan dari Proof of Stake (PoS) tidak membutuhkan banyak energi seperti Proof of Work (PoW) memproses algoritma sistem konsensus begitu pula saat mengamankan jaringan blockchain. Ethereum 1.0 hanya bisa memproses 30 transaksi per detik sedangkan pada Ethereum 2.0 dijanjikan mampu memproses 100.000 transaksi per detik.

Ethereum 2.0 adalah faktor utama mengapa harga Ethereum akan melonjak naik drastis beberapa tahun ke depan. Beberapa analis bahkan berspekulasi bahwa ETH2 akan menyebabkan kelangkaan suplai Ethereum di pasarab. 

Tertarik staking Ethereum? Staking memerlukan minimal 32 Ethereum dengan imbalan 15% per holding. Perlu dicatat user yang telah melakukan staking tidak bisa mentransfer asetnya ke address lain kecuali berhenti staking terlebih dahulu.

Informasi selengkapnya mengenai Ethereum 2.0 dapat dibaca di situs resminya.

Share: