• Please, follow me in Twitter

Friday, November 18, 2016

Cara Menghapus Newsstand di iPhone

Ada beberapa aplikasi bawaan iPhone yang sebenarnya tidak berguna di Indonesia misalnya Passbook dan Newsstand. Saya pribadi juga tidak begitu suka Game Center, Reminder, Stock dan Voice Memo. Selain membebani RAM dan RAM, aplikasi bawaan iPhone juga memakan kuota internet. Jadi akhirnya saya menghapus semua aplikasi bawaan iPhone tadi.

Menghapus aplikasi bawaan iPhone, seperti Android tentu saja iPhone terlebih dahulu harus kita jailbreak agar bisa menginstal Cydia. Cydia bisa dikatakan versi bajakan "App Store" di iPhone jailbreak walaupun sebenarnya menyediakan aplikasi dan tweak premium juga. Tapi tenang saja, semuan tersedia bajakannya di Cydia.

Setelah berhasil menginstal Cydia tambahkan repo http://sinfuliphonerepo.com/ dan cari iFile Cracked. Kita akan gunakan iFile menghapus langsung aplikasi bawaan iPhone seperti Passbook, Game Center, Reminder, Nike, dan Voice Memo di /Application dan /System/Library/AccessibilityBundles. Misalnya jika ingin menghapus Compass, cari foldernya di /Applications lalu lanjutkan hapus folder bundlenya di /System/Library/AccessibilityBundles/Compass.axbundle.

Terkhusus Newsstand, sayangnya saya tidak bisa menemukan foldernya di iFile jadi kemungkinan Newsstand tergabung dengan file system home atau bisa saja terenskripsi dengan baik. Cara satu-satunya yaitu menyembunyikan aplikasi Newstand dengan cara menginstal tweak NoNewsIsGoodNews dari repo BigBoss bawaan Cydia.