Senin, 03 Februari 2020

Strategi Trading Forex Supply and Demand


Strategi trading forex supply and demand (SnD) lebih cocok digunakan di broker hijau FBS. Silahkan daftar terlebih dahulu disini fbs.com sangat disarankan deposit minimal $100.

Strategi trading forex selama ini yang saya pakai adalah Supply + Demand (selanjutnya saya singkat SnD) di timeframe daily dengan beberapa kombinasi EMA 200, EMA 50, trendline, fibonacci standar, price action dan fundamental. Kenapa daily? Semakin besar daily maka semakin mudah mengeliminasi noise yang tidak penting dan tentunya tidak over trade. Strategi trading menggunakan SnD cocok buat teman-teman yang bekerja full time karena strategi forex ini sebenarnya set and forget.

Ada dua macam periode supply dan demand yaitu periode singkat dan lama. Periode lama menggunakan timeframe di bawah satu jam sedangkan untuk periode lama menggunakan timeframe empat jam ke atas. Tergantung kondisi chart sebenarnya. Tapi seperti yang saya jelaskan sebelumnya saya lebih memilih timeframe daily supaya bisa menghindari noise dan overtrade. Selain itu periode lama bisa menghasilkan lebih 100 pips dengan stop loss yang cukup ketat. Sebagai gambaran coba perhatikan chart daily GBPJPY di bawah.



















Pada chart GBPJPY di atas, saya sudah mengambil keuntungan sekitar sekitar 50 pips dari entry buy tapi saya harus cepat close dikarenakan redanya berita Brexit dan akhirnya harga betul-betul kembali ke level support. Dan tentu saja di area tersebut masih bisa dilakukan buy dan untuk stop loss bisa ditempatkan di bawah kotak biru (demand) untuk buy dengan menambahkan 20 pips. Untuk level entry lebih aman ditempat di pertengahan kotak biru. Rule seperti ini berlaku di kotak merah juga (supply) untuk sell.

Jika trading secara fulltime lebih bagus memperhatikan bentuk candle ketika sudah berada di kotak. Perhatikan timeframe bawah. Langsung entry buy jika candle membentuk formasi huruf W dan M untuk sell.

Untuk level advance biasanya trader membuat garis supply and demand dari time frame monthly kebawah. Tapi bagi saya yang konservatif sebenarnya lebih suka pasang profit target tertentu. Nah, jika tercapai saya akan berhenti trading sementara dulu dan dilanjutkan besoknya, misalnya hari ini target tercapai $10 jadi besoknya baru lanjut lagi. Untuk ukuran lotnya cukup 0.01 saja.

Strategi ini lebih cocok digunakan di broker hijau FBS. Silahkan daftar terlebih dahulu disini fbs.com disarankan deposit minimal $100. Kalau sudah daftar bisa konsultasi gratis ke saya Telp/Wa 081 355 858 665.
Share: