Sunday, January 19, 2020

Tips & Panduan Trading Forex Berdasarkan Fundamental


Ini contoh trading berdasarkan rilis berita yang saya lakukan di GBPUSD setelah rilis berita konsumer retail UK negatif di level resisten/supply.

• Perhatikan rilis kalendar ekonomi yang akan datang terutama yang sudah ditandai merah sangatlah penting khususnya mengenai pidato, pertemuan dan pengumuman suku bunga dari Bank Sentral.

• Monitor reaksi pasar ketika kalendar ekonomi dan berita ekonomi sudah dirilis. Jika hasil rilis ekonomi positif atau negatif tidak mampu menggerakkan pasar pasti ada alasan tertentu “mengapa” bisa terjadi hal demikian. Bisa saja pelaku pasar masih menunggu rilis ekonomi yang akan datang sebelum bergerak agresif.

• Evaluasi kualitas setup trading anda dengan tetap memonitor kondisi makro ekonomi terkini dan pandangan analis terhadap mata uang terkait. Tentukan apakah setup trading anda sudah sejalan dengan perspektif jangka panjang kondisi pasar. Harap diperhatikan semakin lama posisi trading anda semakin besar pula resiko yang akan terjadi. Selalu monitor posisi trading anda jika akan ada rilis ekonomi karena tentu saja akan berpengaruh.

• Jangan mengejar market. Timing adalah segalanya. Persiapkan diri anda di setup trading selanjutnya. Kenalilah setup trading yang sempurna dimana segalanya mudah diketahui di setiap sudut.

• Bersabarlah! Saya tidak bisa cukup menjelaskannya tapi bersabarlah dengan performa trading anda. Jangan berharap untung dalam sekejap walaupun strategi trading ini bisa menghasilkan banyak pips. Jika anda menggunakan money management yang baik anda bisa menghadapi hampir di semua ketidakaturan market.

• Panduan trading ini sangat berharga. Jangan trading ketika anda sakit, punya masalah keluarga atau sekedar lelah. Kondisi psikologis anda sangat penting agar bisa sukses trading. Banyak trader retail menyepelekan aspek ini karena sebagian dari kita sudah menganggap trading mudah dikerjakan. Anda bisa trading berpakaian apapun di rumah anda. Pikiran anda adalah senjata terhebat di medan perang. Jadi tradinglah dengan nyaman sesuai yang anda inginkan.

Credit: Dave Matias
Sumber: https://strategitrader.com/pengenalan-fundamental-analysis-fa/