Tuesday, January 14, 2020

Menunggu BTC Halvening Mei 2020

Untuk kamu yang sudah lama kenal Bitcoin pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah halvening (verb dari half) yang artinya pengurangan komisi miner menambang Bitcoin sebanyak 50% setiap 10 menit. Komisi diberikan oleh Blockhain Bitcoin dalam bentuk Bitcoin untuk jasanya menjaga, memelihara dan menjalankan jaringan Blockchain dalam menyelesaikan setiap transaksi Bitcoin di setiap blok baru.

Halvening merupakan moment yang sangat langka karena hanya terjadi setiap empat tahun sekali pada interval blok 210.000. Saat ini komisi miner sebesar 12.5 BTC atau senilai $106,250. Nah, setelah halvening pada Mei 2020 komisi ini akan dikurangi 50% sebesar 6.25 BTC. Hal ini lah yang menjadi pemicu harga Bitcoin akan meroket karena kurangnya supply dari miner dibarengi hash rate (level kesulitan menambang) yang semakin meningkat belum lagi biaya operasional menambang yang mahal terutama listrik.

Dari sini sudah mengerti kan halvenign itu apa? Secara garis besar halvening itu proses pengurangan komisi miner menambang Bitcoin agar nilainya meroket karena sejatinya Bitcoin baru dihasilkan dari menambang jaringan Blockchain Bitcoin sendiri. Halvening akan berakhir jika supply Bitcoin sudah mencapai 21 juta. Masih ingat kan hukum supply and demand waktu pelajaran ekonomi SMP dulu?

Coba perhatikan grafik harga Bitcoin di bawah setelah halvening:



Source: Tuur Demeester 

Are you excited? OK! Sekarang kita perhatikan seksama prediksi para ahli mengenai harga Bitcoin setelah halving. Ada yang mengatakan harga Bitcoin mulai 20K hingga 250K. Jika ingin berspekulasi sudah saatnya mulai sekarang kita akumulasi (kumpulkan) Bitcoin sebanyak-banyak dengan cara membeli langsung di Indodax.