Friday, March 13, 2020

Belajar Volume Profile Trading Bitcoin

Jika ingin menekuni trading secara profesional entah bitcoin, forex, saham atau aset lainnya selalu gunakan indikator volume profile atau market profile secara real time. Indikator volume profile sangat berguna untuk mengetahui di harga mana market makers meletekkan uangnya sebelum menggerakkan pasar secara signifikan.

Sebelum lanjut mempelajari indikator volume profile saya rekomendasikan menggunakan platform TradingView (link: https://www.tradingview.com/gopro/?share_your_love=kiosarwin). FREE TRIAL 1 BULAN.

Konsep dari volume profile secara sederhana dibangun di atas tiga faktor utama yakni waktu, harga dan volume. Setiap hari market membentuk range dan value area sebagai representasi equilibrium antara pembeli dan penjual. Pada area ini market selalu membentuk sideway dikarenakan antara pembeli dan penjual sudah setuju bertransaksi (proses lelang) pada level harga tertentu (healthy market). Pada saat sideway, indikator volume profile merekam seluruh aktivitas market dan tugas trader menganalisa dimana market akan bergerak berdasarkan data yang sudah diberikan.

Volume Profile didasarkan pada kurva distibusi dimana hampir 70% dari nilainya jatuh dalam satu standar deviasi.