• Please, follow me in Twitter

Thursday, November 26, 2015

Kompetisi E-Commerce Indonesia Bakal Ketat Karena Metode Pembayaran Baru AdWords

Kini siapapun bisa memasang iklan di Google dengan Google AdWords berkat adanya kemudahan metode pembayaran dengan metode fund transfer. Tidak seperti dulu lagi menggunakan nomor referensi, cukup transfer dana berapa saja (disarankan paling tidak Rp. 100.000) via internet banking atau teller bank ke Virtual Account Number (VAN) masing-masing pengiklan, dalam rentang 5 - 10 hari dana langsung masuk tanpa potongan apapun kecuali pajak dan fee dari bank pengirim berkisar Rp.5000 - Rp. 15.000.
logo adwords
Mungkin sebagian orang, rentang 5 - 10 hari relatif cukup lama, tapi tidak usah khawatir karena Google Asia Pacific Pte Ltd bersama Citibank selaku pihak yang mengelola dana pengiklan salah satunya dari Indonesia secara profesional MENJAMIN dan MENJAGA uang yang sudah ditransfer tidak akan hilang. Ke depannya, proses transaksi bakal lebih cepat karena metode pembayaran menggunakan VAN ini baru saja diluncurkan oleh Google. Kesalahan pengiklan seperti penulisan VAN tidak sama di account AdWords miliknya (sampai salah kirim ke VAN pengiklan lain), kesalahan satu huruf data pengirim dan penerima, dan atau kesalahan pribadi pengiklan lainnya semuanya diluar tanggungjawab Google dan Citibank. Hati-hati!

Uang yang gagal terkirim akan dikirimkan kembali ke rekening pengirim maksimal 2 minggu. Jadi sangat disarankan mengirim uang dengan menggunakan rekening bank baik dari Citibank ataupun bank lain. Kenapa? Karena setiap proses transfer memiliki bukti slip transfer dengan data-data lengkap yang selanjutnya discan lalu dikirimkan ke Tim Google AdWords untuk diverifikasi jika mengalami kendala. Lain halnya jika transfer langsung via teller bank tanpa memiliki rekening, dana kemungkinan sulit dikembalikan. Pelaporan masalah pembayaran silahkan langsung ke sini:

https://support.google.com/adwords/contact/pd_bt_ref?hl=id

Saya sendiri baru saja mengirim Rp. 200.000 ke VAN AdWords melalui teller bank BNI karena sementara ini tidak bisa melalui ATM atau SMS Banking. Biaya transfer Rp. 15.000 dan harus menunggu maksimal 3 hari dananya sampai di Citibank karena diproses lagi di Bank Indonesia sebagai bank sentral. Tapi kalau dananya sudah masuk di VAN, seperti sudah saya jelaskan harus menunggu lagi 5 - 10 hari sampai dananya betul-betul masuk di account AdWords. Nah, jadi skenario terburuknya paling tidak maksimal 13 hari dana bisa masuk di account AdWords pengiklan (maksimal 3 hari diproses BI + maksimal 10 hari diproses Tim AdWords). Lebih 13 hari sebaiknya segera melapor ke Tim AdWords dan jangan lupa sertakan scan slip transfernya.

Kalau mau lebih cepat, saya sarankan menggunakan internet banking khususnya dari BCA atau Bank CIMB Niaga. Lebih jelasnya lagi, ini penjelasan dari Pak Edison dari Tim Google AdWords setelah saya tanyakan via email mengenai metode pembayaran fund transfer.

Bapak Arwin yang Terhormat,
Terima kasih telah mengirimkan email kepada kami. Perkenalkan nama saya Edison, dari Google AdWords Support Team. Saya yang akan membantu Anda terhadap email yang Anda kirimkan hari ini.
Melalui email yang Anda kirimkan, Anda menanyakan berkenaan "melakukan pembayaran melalui transfer dana". Ada beberapa hal yang perlu diingat mengenai Pembayaran melalui Transfer Dana, seperti berikut:
1. Virtual Account Number (VAN) Anda merupakan unique untuk setiap CID, jadi jangan copy dari orang lain.
2. Processing time untuk Transfer Dana sekitar 5 - 10 hari, jadi disarankan supaya transfer 5 - 10 hari sebelum anggaran Anda habis.
3. Benefit terbesar untuk pembayaran Transfer Dana ini adalah sekarang pengiklan yang tidak punya akun Bank dapat tetap beriklan. Apabila Anda mau melakukan pembayaran melalui Citibank, yang harus Anda lakukan hanya datang ke bank lalu deposit jumlah pembayaran yang Anda inginkan ke unique virtual account number masing - masing tanpa harus memiliki akun di Citibank.
4. Bagi Anda yang hingga saat ini masih melakukan pembayaran invoice setelah 30 hari, dapat merubah ke pembayaran Transfer Dana dengan cara merubah Payment Method / Cara Pembayaran di Tab Penagihan.
Untuk melakukan pembayaran melalui transfer dana, silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Silahkan login ke account AdWords
2. Pilih tab "My Account".
3. Pilihan "Funds Transfer" akan terlihat pada daftar metode pembayaran
4. Pengiklan memilih pilihan "Funds Transfer" dan akan ada informasi instruksi pembayaran
5. Pengiklan mengklik "Make A Payment" dari halaman "Transaction History"
6. Pengiklan melihat petunjuk dan informasi transfer bank tentang cara mengirim dana ke Google melalui transfer dana.
7. Pengiklan menggunakan informasi bank yang diberikan untuk melakukan pembayaran melalui transfer bank VAN.
8. Pengiklan datang ke Bank atau lembaga yang dapat memproses transfer bank VAN (seperti kantor pos). Pengiklan juga dapat melakukan pembayaran melalui transfer bank melalui situs bank mereka atau datang langsung ke bank manapun.
9. Selang beberapa waktu, pengiklan menerima email pemberitahuan bahwa pembayaran mereka telah diterima
10. Pengiklan masuk ke informasi "Billing" dan dapat melihat bahwa "Current Balance" telah diperbarui
Semoga jawaban ini merupakan solusi terhadap pertanyaan Anda. Jika Anda memerlukan penjelasan lebih lanjut, silahkan Anda membalas email ini kembali. Terima kasih atas perhatian Anda. Semoga hari Anda menyenangkan, Bapak Arwin :)

Hormat Saya,
Edison
Tim Google AdWords

AdWords dan E-Commerce Indonesia
Tidak dipungkiri kalau nantinya banyak pebisnis e-commerce menggunakan AdWords mempromosikan bisnisnya. Tapi jangan hanya pelaku bisnis besar saja yang diuntungkan karena punya modal banyak. Sebaiknya Google mementingkan pelaku UKM dengan cara merangkul dan mensosialisasikan metode pembayaran barunya ini agar tercipta terwujudnya ekonomi Indonesia maju dipompa dari bawah oleh masyarakat menengah ke bawah. Memenangkan kompetisi di AdWords hanya terletak pada cara teknisnya saja. Insya Allah, akan saya jelaskan di postingan berikutnya.