• Please, follow me in Twitter

Thursday, October 29, 2015

Apa itu Metode Churn and Burn?

Churn and Burn adalah metode Blackhat SEO dengan melakukan spam besar-besaran agar posisi blog di SERP di Google naik. Biasanya posisi blog hanya bisa bertahan selama 1 - 3 minggu dan paling lama hanya sebulan dan akhirnya hilang dari SERP Google. Metode ini banyak dipakai pemain PPD/CPA dan afiliasi. Sayangnya metode ini sudah tidak efektif lagi akibat pembaruan algoritma terus menerus ditambah faktor ratusan metric yang dipakai Google. Selain itu perlu modal besar menjalankan metode ini. Sangat tidak disarankan untuk para newbie. Cara memulai metode Churn and Burn pada dasarnya sebagai berikut:

1. Tentukan produk yang ingin dijual
Sebelum melakukan metode Churn and Burn, tentunya terlebih dahulu cari produk yang banyak dicari dan dianggap bisa mendatangkan ROI/Conversion yang besar. Selain itu ukur pula berapa besar kompetisinya. Saya pribadi lebih memilih low - medium competition dengan local search minimal 30.000.

2. Tentukan main keyword yang ingin ditembak
Lakukan riset keyword dengan sangat mendalam karena dengan keyword yang targetable berarti kita juga bisa mendapatkan pengunjung yang targetable. Cara terbaik melakukan riset keyword yaitu dengan menggunakan Scrapebox, Long Tail Pro, atau Keyword Digger Pro. Terlalu mahal? Coba lakukan brainstrom dengan memanfaatkan hasil Search Suggestion dari Google.

Baca Juga: Cara Cerdas Mencari Produk Untuk Afiliasi

3. Membangun Website/Blog
Setelah menentukan produk dan keywordnya selanjutnya membuat website/blog berisi link afiliasi kita. Sangat disarankan menggunakan Self Hosted Wordpress. Paling tidak 5 bulan sebelum dijadikan target Metode Churn and Burn, isikan dengan konten berkualitas dan lakukan On-Page SEO Optimatization beserta metode dasar SEO lainnya dengan cara manual.

Terkait dengan pemilihan domain, sebaiknya pilih domain yang sudah expired dengan nilai Trust Flow yang tinggi dari Majestic. Tidak usah khawatirkan dengan nama domainnya karena tidak match dengan pemilihan keyword.

4. Bangun Link Pyramid
Link pyramid bertujuan sebagai fondasi awal SEO kita agar mendapat authority dari Google. Lebih disarankan membeli jasa link pyramid karena jika dilakukan secara manual cukup merepotkan. Kalau tidak mau beli, artikel untuk membangun link pyramid jangan dari hasil translate atau spinner software.

4. Blast!
Now, it's time to blast! Blast dengan menggunakan GSA Search Engine Ranker, SENUKE, atau XRUMER. Terlalu mahal? Cari jasanya di Fiverr.

5. Pantau Hasilnya
Agar metode ini berhasil pantau terus di SERP Google dengan keyword yang sudah kita tembak.