• Please, follow me in Twitter

Saturday, September 28, 2013

Pengalaman interview di hotel: dikira china sampai berumur 27 tahun

Sudah lama saya pengen kerja di hotel, jadinya waktu lihat iklan lowongan kerja Hotel Celeb*s di Harian Fajar saya langsung ngelamar salah satu pekerjaan yang tergolong low-paid di situ. Kenapa? Karena saya blank soal hotel dan lagian saya cuma punya ijazah terakhir SMA. It’s true that career is started from lower position, isn’t it?

Dan hari ini, sekitar jam 10.30 AM saya nerima panggilan interview dari mbak HRD-nya. Saya disuruh datang jam 12 di hotelnya di Jl. G. Latimojong. Takut bakal telat, saya langsung aja setrika kemeja putih lusuh peninggalan waktu jadi maba di unhas. Celana gak disetrika dicuci pun belum. Makan siang pun terpaksa di-skip padahal baru aja tuh beli ikan masak di warung depan.

Awal saya masuk hotelnya, kesannya gak begitu wah…. Tapi orang-orangnya baik dan ramah apalagi saya baru kenalan sama satpamnya di situ, namanya Pak Indra. Saya diantar sama karyawannya ke ruang HRD nya di lantai tiga. Setelah saya masuk, sepertinya yang bakal mewanwancarai saya yang nelpon tadi. That’s her, undoubtedly!

Setelah saya dipersilahkan duduk, saya ditanya nama siapa terus pengalaman kerja apa. Nah abis itu, saya ditanya mau gaji berapa. Well, karena saya beralasan punya ini ini so saya mau segini (sensor hehe….). Konyolnya Ibu HRD juga ngenilai penampilan saya waktu tadi. Saya dikira China karena dilihatnya mata saya sipit dan dia juga nanya apa saya punya keturunan China. Ya Allah, saya Bugis tulen Bu hahaha…. Terus terus…. saya juga dibilangnya culun nggak tau alasannya kenapa. Tapi  yang lebih bikin ill feel saya dibilang keliatan berumur 27 tahun karena punya kumis! However, gpp lah Ibu HRD-nya juga bilang maaf. That’s polite!

Ibu HRD nya berasalan dia ngenilai penampilan saya karena semua karyawannya penampilannya harus rapi dan bersih. Dia pengen senin nanti saya ke hotelnya dengan penampilan rambut dicukur, kumis dicukur, dan kemeja diganti dengan kemeja baru. Dari sini saya mikir sejenak, ngapain? Apa ada tes wawancara tahap 2? Ternyata tidak! Alhamdulillah, itu artinya saya diterima kerja. It’s truly a miracle! Insha Allah gaji sebulan udah cukup buat beli kebutuhan sehari-hari.