• Please, follow me in Twitter

Monday, September 2, 2013

Cara Menghindari Riya’

Riya’ merupakan salah satu akhlak tidak terpuji yang sama sekali tidak disukai oleh Allah. Riya’ artinya keinginan untuk dipuji oleh orang lain karena melakukan kebaikan kepada Allah atau pun kepada sesama manusia. Riya’ timbul karena lemahnya iman seseorang sehingga ia mengharapkan pujian dari manusia bukan dari Allah sendiri.

Lalu bagaimana caranya menghindari riya’? Tentu saja jawabannya adalah kita harus benar-benar IKHLAS melaksanakan ibadah kepada Allah dan hanya mengharapkan imbalan semata-mata hanya dari Allah azza wajalla. Singkirkan segala hasrat untuk mendapatkan pujian dari orang lain dalam bentuk apapun dan dengan alasan apa pun. Jangan suka memamerkan kelebihan sendiri misalnya menceritakan kepada orang lain bahwa kita rajin sholat lima waktu, sedekah, puasa dan sebagainya.

Orang yang ikhlas di jalan Allah akan senantiasa bersih hatinya dan diberi keselamatan dan kesejahteraan sepanjang hidupnya dan di akhirat kelak nanti.

Dan (aku telah diperintah): "Hadapkanlah mukamu kepada agama dengan tulus dan ikhlas dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang musyrik. [QS. Yunus:105].