• Please, follow me in Twitter

Saturday, February 2, 2013

Catatan Info Session AIESEC UNHAS

AIESEC adalah organisasi pelajar terbesar di dunia dengan lebih dari 64.000 anggota dan 8.000 mitra. Organisasi non-profit ini didirikan pada tahun 1948 di Rotterdam, Belanda pada jaman Perang Dunia II untuk menyatukan semangat pemuda menciptakan perdamaian. Setiap tahun AIESEC melakukan exchange untuk semua anggota melaui lintas negara untuk terlibat dalam project tertentu, belajar leadership, dan melakukan diskusi seperti  HIV/AIDS, gender, war, dan sebagainya.

Indonesia bergabung dengan AIESEC pada tahun 1984. Di Makassar sendiri, AIESEC sudah memiliki cabang di Universitas Hasanuddin dan di universitas lainnya seperti UNM, UMI, Unifa-Nitro, dan UNISMUH. Kemarin, setelah melihat stand pendaftaran AIESEC di bawah perpustakaan Unhas, saya memutuskan bergabung dengan membayar Rp.15.000 untuk formulir. Sementara ini, saya belum menjadi member karena harus melalui berbagai tahap selanjutnya yakni tes wawancara dengan biaya Rp.100.000 tapi kalau jika tidak lolos uangnya akan dikembalikan. Jika dinyatakan lulus wawancara, tahap selanjutnya yakni membayar uang administrasi sebesar Rp.1.400.000. Setelah itu akan mendapat ID login yang bisa digunakan untuk masuk di website resmi AIESEC.


Tujuan didirikannya AIESEC memang khusus melakukan exchange lintas negara. Di AIESEC Unhas sendiri, jika bergabung peserta bisa ikut exchange dengan membayar Rp.2.400.000 dan biaya administrative lainnya seperti pengurusan VISA, akomodasi, dan lainnya. Jika sudah sampai pada negara tujuan, biasanya semua biaya ditanggung oleh penyelenggara AIESEC. Tes dilakukan dalam bentuk wawancara melalui Skype karena interviewer dari luar negeri.

Info Session AIESEC UNHAS
Info session AIESEC tadi dilaksanakan di LT.8 Unhas. Sayangnya peserta yang datang tidak lebih dari 20 orang dikarenakan event-nya di luar jadwal kuliah dan masih di waktu libur semester. Sesi pertama dimulai dengan perkenalan dan sejarah AIESEC itu sendiri yang dibawakan oleh ketua AIESEC Makassar, cerita pengalaman anggota yang sudah ikut exchange, special guest speech dari Alia Yakub (cantik banget ni orang) pemilik Alia Sports yang pernah kuliah di Malaysia, dan dua game selingan. Game pertama dare-to-do dan kedua telling-description. Game paling seru yang telling-description. Rulenya say anything tentang tiap kata yang muncul di screen and I was the first one to try. Saya stuck waktu muncul kata Underwear, ya saya bilang saja I change my underwear once everyday padahal saya mau bilang I have pink underwear biar attendee-nya pada ketawa. Overall, the event was really fun, I enjoyed it.

Kalau mau gabung bisa kontak di bawah.
Mala (089694870162)
Twitter @AIESECUNHAS @EXCHANGEFAIRMKS
Email: exchange.fair2013@gmail.com